Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Install Webmin di Ubuntu

Cara Install Webmin di Ubuntu - Pasti sering kita bertanya apa sih webmin itu? Webmin adalah aplikasi berbasis web yang digunakan untuk tools system administration pada Unix atau Linux. Dengan menggunakan webmin anda bisa dengan mudah menambah user account, setting webserver , DNS , file Sharing dan lain-lain hanya dengan melalui sebuah web browser. Dengan menggunakan Webmin tidak dibutuhkan lagi merubah file konfigurasi seperti /etc/passwd secara manual, dan kita dapat melakukan ini dari lokal sistem maupun remote.


Jika anda ingin mencobanya silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini cara install webmin ini kurang lebih sama pada Linux Ubuntu, Debian atau LinuxMint :

1. Ketikan perintah "nano /etc/apt/source.list"

lalu tambahkan diakhir isi fili :

"deb http://download.webmin.com/download/repository sarge contrib"

tekan ctr+x untuk menyimpan hasil yang diatas.

2. Kemudian lakukan update source dengan mengetikan perintah :

"apt-get update"

Catatan Kecil : ketika anda melihat error seperti W: GPG error: http://download.webmin.com sarge Release: The following signatures couldn’t be verified because the public key is not available: NO_PUBKEY D97A3AE911F63C51

Maka solusinya anda ketikan perintah : "gpg --keyserver pgpkeys.mit.edu --recv-key D97A3AE911F63C51 && gpg -a --export D97A3AE911F63C51 | sudo apt-key add -"

3. Lalu mulailah anda untuk menginstall webmin dengan mengetikan perintah :

"apt-get install webmin"

4. Setelah instalasi selesai cobalah akses webmin yang tadi telah di install dengan browser dan ketikkan alamat: https://192.168.10.18:10000

Catatan Kecil : 192.168.10.18 adalah ip address server ubuntu kita.
Isikan username dan password menggunakan user dan password ubununtu server anda, kurang lebih hasilnya seperti dinawah ini.


Jika anda menginginkan untuk mengganti password root untuk webminnya dengan cara mengetikkan perintah:

"/usr/share/webmin/changepass.pl /etc/webmin root 123xyz"

Selesai sudah passwordnya kita ganti, kita tinggal login menggunakan username: root dan passowrd: 123xyz

Demikian Cara Install Webmin di Ubuntu, semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi anda yang sedang belajar menginstall webmin di ubuntu server.



Post a Comment for "Cara Install Webmin di Ubuntu "