Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Navigasi BLOG Yang Wajib Ada Untuk Diterima Google Adsense

Dalam kamus kbbi navigasi adalah sebuah informasi untuk menjalankan kapal laut, pesawat dan sebagainya dari suatu tempat ke tempat lain. Informasi ini meliputi pengetahuan mengenai jarak, arah, posisi dan lain-lain.

Pada blog juga mengenal yang namanya navigasi, hal ini bertujuan untuk memudahkan pengunjung ketika mengakses blog kita. Maksudnya adalah ketika pengunjung membaca artikel mereka tahu harus kemana kalau ingin ke artikel lainnya atau hanya sekedar kembali ke halaman awal blog.

Seberapa penting navigasi pada blog ?

Jika blog sobat hanya bertujuan untuk iseng saja sih bisa dikatakan ini tidak penting. Berbeda halnya kalau serius, selain akan terlihat profesional hal ini menjadi penting karena kalau berniat mendaftarkan blog ke google andsense. Salah satu syarat untuk disetujui menampilkan iklan google adsense adalah adanya navigasi blog yang jelas.

Jika kalian ingin mendaftarkan blog/website ke adsense, berikut adalah navigasi yang harus ada untuk bisa diterima ketika daftar google adsense :

1. About

About adalah navigasi pertama yang harus ada karena akan menjelaskan tentang blog kita. Disini bisa menuliskan lebih mendetail dari deskripsi blog yang sudah ada,  kalau sobat memiliki maksud dan tujuan tertentu bisa juga ditambahkan pada about. Tidak ada salahnya juga untuk menambahkan sejarah yang berhubungan dengan blog/website nya. Cara membuatnya tinggal klik halaman baru ketika berada menu Pages/Halaman.

2. Contact

Navigasi yang satu ini untuk memudahkan pengunjung jika ingin menghubungi sobat. Selain itu, mempermudah juga jika ada orang yang mau beriklan di situs kita tau harus menghubunginya kemana.

3. Privacy policy

Sebenarnya navigasi privacy policy lebih ditekankan pada website e-commerce atau bisnis, karena akan lebih banyak berinteraksi antara pemilik dan pengunjung. Namun google juga mewajibkan untuk membuat privacy policy terhadap blog yang ingin berafiliasi dengan adsense. Karena dengan begitu kita menyatakan keterbukaannya kepada pengunjung situs. 

Ada dua cara untuk membuat privacy policy, pertama bisa menuliskannya sendiri dengan memasukkan poin-poin yang dianggap penting decara jelas dan tegas. Menurut saya pribadi cara pertama cukup sulit, sehingga memutuskan untuk menggunakan cara kedua  membuatnya secara online disini.

4. Discalimer

Disclaimer dalam garis besar bertujuan menyatakan bahwa blog hanya sekedar media informasi saja dan pemilik maupun pengelola tidak bertanggung jawab mengenai keakuratan dari isi tersebut. Sehingga kita bisa menyanggah kalau ada pembaca yang tersesatkan karena artikel anda. Namun jangan mentang-mentang adanya disclaimer sehingga kita membuat artikel yang asal-asalan, buatlah artikel sesuai bidang yang dikuasai agar memberikan manfaat yang baik bagi pembaca. Cara membuatnya bisa juga melalui situs pembuat disclaimer gratis.

5. Sitemap

Dari keempat poin diatas sitemap lah yang paling penting, karena sitemap akan menampilkan seluruh artikel kita pada satu halaman. Sehingga pengunjung tidak perlu repot-repot klik sana sini untuk mencari tahu artikel yang dibutuhkan. Untuk membuat halaman sitemap diperlukan tambahan kode xml pada blog, anda bisa mencarinya di google karena sudah banyak yang sharing kode tersebut. Namun kalau anda menggunakan template premium biasanya sudah ada panduannya untuk mengaktifkan navigasi ini, jadi tidak perlu menambahkan kode-kode yang lain.

Itulah beberapa navigasi yang penting kalau ingin diterima saat mendaftar google adsense. Semoga bermanfaat, terima kasih. 

Post a Comment for "5 Navigasi BLOG Yang Wajib Ada Untuk Diterima Google Adsense "