Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengenalan WEB

Situs Web (Definisi)

Sebuah situs web (sering pula disingkat menjadi situs saja; web site, site) adalah sebutan bagi sekelompok halaman web (web page), yang umumnya merupakan bagian dari suatu nama domain (domain name) atau subdomain di World Wide Web (WWW) di Internet. WWW terdiri dari seluruh situs web yang tersedia kepada publik.
Halaman-halaman sebuah situs web diakses dari sebuah URL (Uniform Resource Locator) yang menjadi "akar" (root), yang disebut homepage (halaman induk; sering diterjemahkan menjadi "beranda", "halaman muka"), dan biasanya disimpan dalam server yang sama. Tidak semua situs web dapat digunakan dengan gratis. Beberapa situs web memerlukan pembayaran agar dapat menjadi pelanggan, misalnya situs-situs penyedia layanan untuk download (Rapidshare) dan lain-lain.

Situs Web (Sejarah)

Penemu website adalah Sir Timothy John ¨Tim¨ Berners-Lee, sedangkan website yang tersambung dengan jaringan, pertamakali muncul pada tahun 1991. Maksud dari Tim ketika membuat website adalah untuk mempermudah tukar menukar dan memperbarui informasi kepada sesama peneliti di tempat dia bekerja. Pada tanggal 30 April 1993, CERN (tempat dimana Tim bekerja) menginformasikan bahwa WWW dapat digunakan secara gratis oleh semua orang.
Sebuah website bisa berupa hasil kerja dari perorangan atau individu, atau menunjukkan kepemilikan dari sebuah organisasi, perusahaan, dan biasanya website itu menujukkan beberapa topik khusus, atau kepentingan tertentu. Sebuah website bisa berisi hyperlink (pranala) yang menghubungkan ke website lain, jadi, kadangkala perbedaan antara website yang dibuat oleh individu perseorangan dengan website yang dibuat oleh organisasi bisnis bisa saja tidak kentara.
Website ditulis, atau secara dinamik di konversi menjadi HTML dan diakses melalui sebuah program software yang biasa disebut dengan web browser, yang dikenal juga dengan HTTP Client. Halaman web dapat dilihat atau diakses melalui jaringan komputer dan internet, perangkatnya bisa saja berupa komputer pribadi, laptop, PDA ataupun telepon selular.
Sebuah website dibuat didalam sebuah sistem komputer yang dikenal dengan server web, juga disebut HTTP Server, dan pengertian ini juga bisa menunjuk pada software yang dipakai untuk menjalankan sistem ini, yang kemudian menerima lalu mengirimkan halaman-halaman yang diperlukan untuk merespon permintaan dari pengguna. Apache adalah piranti lunak yang biasa digunakan dalam sebuah webserver, kemudian setelah itu adalah Microsoft Internet Information Services (IIS).
Hypertext Transfer Protocol (HTTP) adalah sebuah protokol jaringan lapisan aplikasi yang digunakan untuk sistem informasi terdistribusi

Situs Web (Jenis-jenisnya) :

  1.  Sebuah Website statik, adalah salah satu bentuk website yang isi didalam website tersebut tidak dimaksudkan untuk di update secara berkala, dan biasanya dimaintain secara manual oleh beberapa orang yang menggunakan software editor.
    Ada 3 tipe kategori software editor yang biasa dipakai untuk tujuan maintaining ini,  
    yaitu :
           Penyunting teks. Contohnya adalah Notepad atau TextEdit, dimana HTML  
                        diubah didalam program editor tersebut.
           WYSIWYG ( What You See Is What You Get) editor. Contohnya Microsoft
                        Frontpage dan Macromedia Dreamweaver, dimana situs di edit menggunakan
                        GUI (Graphical User Interface) dan format HTML ini secara otomatis di
                         generate oleh editor ini.
  • Editor yang sudah memiliki templet, contohnya joomla dan wordpress, dimana, editor ini membolehkan user untuk membuat dan mengupdate websitenya  langsung ke server web secara cepat, tanpa harus mengetahui apapun tentang  HTML.

2       2. Sebuah website dynamic adalah website yang secara berkala, informasi didalamnya berubah, atau website ini bisa berhubungan dengan user dengan berbagai macam cara atau metode bisa juga dengan cara interaksi langsung menggunakan form dan pergerakan mouse. Ketika web server menerima permintaan dari user untuk memberikan halaman tertentu, maka halaman tersebut akan secara otomatis di ambil dari media penyimpanan sebagai respon dari permintaan yang diminta oleh user. Sebuah situs dapat menampilkan dialog yang sedang berlangsung diantara dua user, memantau perubahan situasi, atau menyediakan informasi yang berkaitan dengan sang user.

  • Ada banyak jenis sistem software yang dapat dipakai untuk meng-generate Dynamic Web System dan Situs Dynamic, beberapa diantaranya adalah ColdFusion (CFM), Active Server Pages (ASP), Java Server Pages (JSP) dan PHP, bahasa program yang mampu untuk meng-generate Dynamic Web System dan Situs Dinamis. Situs juga bisa termasuk didalamnya berisi informasi yang diambil dari satu atau lebih database atau bisa juga menggunakan teknologi berbasis Extensible Markup Language (XML). XML adalah bahasa markup serbaguna yang direkomendasikan W3C (World Wide Web Consortium )untuk mendeskripsikan berbagai macam data.
  • Plugin tersedia untuk menambah banyaknya feature dan kemampuan dari web browser, dimana, plugin ini dipakai untuk membuka content yang biasanya berupa cuplikan dari gambar bergerak (active content) contohnya adalah Flash, Shockwave atau applets yang ditulis dalam bahasa JAVA. Dynamic HTML juga menyediakan untuk user supaya dia bisa secara interaktif dan realtime, meng-update di web page tersebut (catatan; halaman yang dirubah, tak perlu di load atau di reloaded agar perubahannya dapat dilihat), biasanya perubahan yang dilakukan mereka memakai Javascript yang sudah tersedia pada semua Web Browser sekarang ini.

Situs Web (Sejarah Iternet)
  • Internet adalah kumpulan atau jaringan dari jaringan komputer yang dahulunya stand alone kini dapat berhubungaan secara langsung dengan host-host atau komputer yang lainnya. Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat di tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX (sebuah sistem operasi), kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).
Situs Web (Hypertext)
  • Dalam komputer, hiperteks adalah paradigma interface pengguna untuk menampilkan dokumen yang berisi referensi-silang otomatis ke dokumen lainnya yang disebut hiperlink. Memilih hiperlink menyebabkan komputer menampilkan dokumen yang terhubungkan dalam waktu sangat singkat.
  • Sebuah dokumen dapat dibuat secara statik atau dinamik. Oleh karena itu, sebuah sistem hiperteks yang dikonstruksi dengan baik dapat menangani, menggunakan atau melebihi banyak interface pengguna lainnya seperti menu dan baris perintah, dan dapat digunakan untuk mengakses kedua dokumen referensi-silang yang dikumpulkan secara statik dan aplikasi interaktif. Dokumen dan aplikasi terdapat secara lokal atau dari mana pun dia berada dengan bantuan jaringan komputer seperti internet. Implementasi paling terkenal dari hiperteks adalah World Wide Web.
  • Istilah "hiperteks" sering kali digunakan di mana istilah hipermedia lebih cocok bila digunakan.

Situs Web (Hypertext Markup Language)
  • HyperText Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web dan menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser Internet. Bermula dari sebuah bahasa yang sebelumnya banyak digunakan di dunia penerbitan dan percetakan yang disebut dengan SGML (Standard Generalized Markup Language), HTML adalah sebuah standar yang digunakan secara luas untuk menampilkan halaman web. HTML saat ini merupakan standar Internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C).
  • HTML berupa kode-kode tag yang menginstruksikan browser untuk menghasilkan tampilan sesuai dengan yang diinginkan. Sebuah file yang merupakan file HTML dapat dibuka dengan menggunakan browser web seperti Mozilla Firefox atau Microsoft Internet Explorer. HTML juga dapat dikenali oleh aplikasi pembuka email ataupun dari PDA dan program lain yang memiliki kemampuan browser.

Kriteria-kriteria yang digunakan dalam banyak penilaian mengenai sebuah situs web :

Konten [Content]
Konten adalah informasi yang disampaikan dan disajikan melalui media Internet. Konten yang baik adalah yang dapat menarik perhatian pembaca dan sesuai dengan tipe pembaca yang dibidik. Seorang web designer yang handal adalah mereka yang dapat juga mengatur dan membuat konten yang cocok untuk pemirsanya.

 Page Layout
Pengaturan posisi grafis, teks, tabel dan tombol-tombol untuk menjadi sebuah anyaman visual yang menawan dan nyaman digunakan menghasilkan sebuah layout yang baik.

Desain Grafis [Graphic Design]
Nilai-nilai seni sebuah situs dilihat dari penggunaan grafis yang dinilai pada kriteria ini. Kemampuan menggunakan piranti lunak grafis adalah sebuah syarat utama untuk menjadi seorang web designer handal. Grafis harus jelas, bermakna, dan menyatu dengan keseluruhan susunan situs.

Sistem Navigasi [Navigation]
Sistem navigasi yang baik adalah yang memberikan pengunjung petunjuk-petunjuk jelas tentang cara bergerak dari satu informasi ke informasi yang lain, sehingga mereka tidak tersasar dirimba informasi yang disajikan.

Fungsionalitas
Penggunaan teknologi web yang cocok untuk misi yang hendak disampaikan sebuah situs web adalah yang dimaksud dengan fungsionalitas. Pengaksesan informasi dengan cepat dan baik adalah salah satu faktor penting sebuah situs web. Sehingga waktu download, kemampuan cross platform, dan browser independent sangat dominan dalam penilaian fungsionalitas sebuah situs.

Kesan Keseluruhan
Ini adalah X-Factor yang dapat menentukan sukses atau tidaknya sebuah situs. Seorang desainer web yang baik tentunya dapat mengenali X-Factor-nya sendiri, dimana para pengunjung situsnya dapat mengetahui ciri khas desainer tersebut. Pengalaman, kerja keras dan experimentasi yang tiada henti adalah kunci untuk seorang desainer menemukan caranya sendiri untuk memukau pengunjung.

Komunikasi Dengan web
Dengan menggunakan teknologi Internet informasi dapat diakses selama 24 jam dalam satu hari dan dikelola oleh mesin. Web memudahkan pengguna komputer untuk berinteraksi  dan berkomunikasi dengan pelaku internet lainnya dan menelusuri informasi yang ada di internet.
Komunikasi adalah salah satu elemen dasar dari sebuah website yang baik. Sangat penting untuk memberi pengalaman yang positif  bagi pengguna dan untuk situs Web yang berhasil dan memberikan keuntungan pemiliknya. Terlepas dari apakah situs web tersebut merupakan situs e-commerce, blog, situs web portofolio, sebuah website informasi untuk perusahaan jasa, sebuah situs web pemerintah atau jenis lain dari situs, ada kebutuhan yang signifikan untuk berkomunikasi secara efektif dengan pengunjung.

Komunikasi Dengan web
Karena pentingnya komunikasi dengan pengunjung, komunikasi adalah suatu pertimbangan penting bagi setiap desainer dan pemilik website dan tanggung jawab keduanya.Sayangnya, komunikasi kadang-kadang diabaikan dan di belakangkan untuk daya tarik visual sebuah website. Idealnya, desain dan elemen lain yang melakukan pekerjaan berkomunikasi secara bersama untuk membuat pesan bagi pengunjung.

Metode Komunikasi
           Teks
           Images
           Judul header
           Ikon
           Style Design
           Warna
           Audio & Video

Tantangan Membuat Website dengan Komunikasi Yang Jelas
           Banyaknya Content
           Pengunjung yang berbeda
           Kejelasan
           Komunikasi yang ringkas dan lengkap
           Memiliki kepribadian
           Tidak membuat design lebih kuat dari komunikasi
           Mendapat kepercayaan dari pengunjung
           Mendapatkan dan menjaga perhatian

Apa Yang Harus Dikomunikasikan ?
           Tujuan perusahaan atau Website
           Apa yang ditawarkan
           Bagaimana memberi manfaat bagi pengunjung.
           Apa yang bisa dilakukan pengunjung

Apa Yang Harus Dikomunikasikan ?
           Prioritas
           Tentukan pengunjung yang harus mengetahui  perusahaan atau website       anda
           Tetap Simlpe
           Teap Relevan dengan target Audiens
           Membuat pesan yang tidak mudah hilang
           Style Teks
           Gunakan header dan Sub-judul
           Memilah yang dibutuhkan dan yang tidak

Tujuan Untuk Komunikasi Website Dikembangkan
           Kejelasan
           Komunikasi yang Sesungguhnya Membantu Bisnis dan  Pengunjung
           Konsistensi Pesan
           Design yang meningkatkan pesan
           Komunikasi yang berkaitan dengan target pengunjung
           Menggunakan strukutur website untuk membangun komunikasi

Hasil Komunikasi Yang Baik
           Pengunjung memahami Tujuan website
           Peningkatan branding
           Mengurangi pengunjung yang berpaling
           Mengurangi pengunjung yang kecewa
           Mendapat lebih banyak pelanggan, penjualan dan memimpin


1 comment for "Pengenalan WEB"

  1. The position of the software is pushed by direct-drive stepper mittens motors or servo motors to offer highly correct movements, or in older designs, motors through a series of step-down gears. Open-loop management works lengthy as|so lengthy as} the forces are kept small enough and speeds usually are not too great. On commercial metalworking machines, closed-loop controls are normal and required to offer the accuracy, speed, and repeatability demanded.

    ReplyDelete