Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PENGENALAN CMS JOOMLA

PENDAHULUAN
Perkembangan teknologi akhir-akhir ini memang sangat pesat, terutama dalam dunia pengembangan website. Proses pembuatan sebuah website yang baik bukanlah sebuah pekerjaan yang sulit. Lihat saja sekarang, banyak sekali bermunculan website/blog yang baru dengan berbagai macam corak dan ragamnya mulai dari website yang sederhana sampai yang kompleks. Pembuatannya juga tidak memerlukan waktu yang lama dan bisa dikerjakan oleh masyarakat secara umum, lihat saja anak SMP saja sudah bisa bikin website

Timbul pertanyaan, mengapa sekarang ini website mudah sekali diciptakan, padahal dulu hanya orang-orang yang ahli bahasa web saja yang bisa membuatnya? Jawabannya adalah sebuah sistem yang bernama Content Management System (CMS).

CONTENT MANAGEMENT SYSTEM (CMS).
CMS adalah Sebuah sistem yang memberikan kemudahan kepada para penggunanya dalam mengelola dan mengadakan perubahan isi sebuah website dinamis tanpa sebelumnya dibekali pengetahuan tentang hal-hal yang bersifat teknis. Dengan demikian, setiap orang, penulis maupun editor, setiap saat dapat menggunakannya secara leluasa untuk membuat, menghapus atau bahkan memperbaharui isi website tanpa campur tangan langsung dari pihak webmaster. (ilmukomputer.com)

Pengertian CMS (Content Management System)
Content Management System atau sering disebut dengan CMS adalah aplikasi web yang berisikan template untuk mengelola isi halaman web secara mudah. Penggunaan Content Management System tidak memerlukan pengetahuan pemrograman web yang handal karena proses instalasi dan cara penggunaannya sudah user friendly. CMS sendiri ada yang dibuat khusus menyesuaikan kasus yang ada dan biasanya berbayar dan ada yang berupa template instan yang fungsionalitasnya dibuat dengan menyeuaikan pada beberapa proses bisnis yang ada didunia nyata yang dapat digunakan secara gratis.

Aplikasi Content Management System instant yang banyak terdapat di internet saat ini kebanyakan dibuat menggunakan scripting language PHP dan database-nya adalah MySQL. Saat ini perkembangan Content Management System cukup pesat, banyak vendor yang membuat CMS instant yang didistribusikan secara gratis. Perkembangan CMS instant ini juga dipicu oleh perkembangan web 2.0 yang memungkinkan interaksi dalam arti yang cukup luas antara pengelola web dan pengunjung web.

Selain perkembangan teknologi web dan infrastruktur internet, perkembangan pesat Content Management System juga dipicu oleh kebutuhan masyarakat dan pelaku bisnis yang menginginkan web dapat mendukung kegiatan bisnis mereka secara mudah dalam hal pengelolaan content, cepat dalam pembuatan web, serta murah dalam pengadaannya.

Bahkan saat ini, pengembangan aplikasi web CMS sudah banyak yang menggunakan konsep freamework. Dengan konsep ini, sangat dimungkinkan untuk melakukan modifikasi terhadap beberapa fitur Content Management System instant tersebut karena semuanya dibuat lebih modular. Berikut adalah beberapa contoh web CMS instant yang dibuat oleh vendor dan dapat digunakan secara gratis dan scripting language yang digunakan adalah PHP dengan database server MySQL.

Penggunaan CMS juga bermacam-macam, berikut diantaranya :
  1. Mengelola website pribadi atau lebih dikenal dengan blog
  2. Mengelola website perusahaan/bisnis.
  3. Portal atau website komunitas.
  4. Galeri foto.
  5. Forum.
  6. Aplikasi E-Commerce , dan lain sebagainya.


JENIS-JENIS CMS
Ada beberapa jenis-jenis Content Management System atau CMS, yaitu :

  • CMS untuk membuat personal blog, contohnya WordPress.
  • CMS untuk membuat web e-Commerce, contohnya PrestaShop, OsCommerce, Opencart, Drupal.
  • CMS untuk membuat web e-Learning, contohnya Moodle.
  • CMS untuk membuat personal web, contohnya joomla!, Mambo.
  • CMS untuk membuat web e-Forum, contohnya phpBB, MYBB,Vbulletin.


MENGENAL JOOMLA
Joomla  Open  Source  atau  lebih  sering  dikenal  dengan  Joomla! merupakan salah satu Content Management System (CMS) yang bersifat Open  Source,  ialah  sebuah  software  gratis yang  dapat  digunakan  untuk membuat web yang paling sederhana hingga paling kompleks sekalipun, seperti  web  portal. Disebut  open  source karena  pengguna  dapat memodifikasi,  menghapus,  maupun  menambah  script yang  disertakan dalam software tersebut asal tetap mencantumkan hak cipta dan mentaati peraturan yang telah disepakati bersama-sama.

SEJARAH
Munculnya  Joomla! berawal  dari  “konflik  internal”  di  dalam kepengurusan  pengembang inti Mambo Open  Source  atau  lebih  sering dikenal  dengan  Mambo pada  tahun  2005.  Pihak  pendiri  (Founder) Mambo ingin  membentuk  sebuah  institusi  yang  bernama  Mambo Foundation.  Gagasan  tersebut  ditentang  keras  oleh  pengembang  dari pihak  ketika  (3rd  Developer),  alasannya  karena  jika  pengembangan Mambo dikendalikan oleh Mambo Foundation dikhawatirkan  suatu  saat Mambo akan dikomersilkan. Padahal tujuan awal lahirnya Mambo adalah bersifat  open  source,  siapapun  dapat  memodifikasi  dan  menambahkan script agar  sistem bekerja  lebih baik dan  lebih aman (secure), meskipun hanya bersifat gratis.

Nama  Joomla!  merupakan  sebuah  ejaan  yang  berkaitan  dengan  ilmu fonetik  dari kata Swahili (Arabic:جملة ,dan Urdu: جملہ )  “Juumla” yang memiliki arti bersama-sama atau secara keseluruhan. Pemilihan nama  tersebut atas prakarsa para  team di belakang  layar  atas  kesuksesan  Mambo  yang  secara  bulat  dengan komitmen mereka  untuk melindungi minat masyarakat  (komunitas)  dan gagasan para pencipta sebelumnya.

KEUNGGULAN JOOMLA!
Pada  awal  perkembangannya,  Joomla! tidak  diminati  oleh  masyarakat luas.  Alasanya  klasik,  yaitu  dikarenakan  Joomla! merupakan  software yang  gratis  sehingga  dianggap  tidak  aman,  banyak  kelemahan,  kurang bergengsi, tidak impresif dan anggapan negatif lainnya.Sikap  apatis  tersebut  dipatahkan  oleh  para  pengembang  inti  Joomla! dengan dibuktikannya beberapa aplikasi  tambahan yang  sangat  fleksibel untuk  disisipkan  ke  dalam  sistem  Joomla!. Pada  akhirnya,  masyarakat dapat  memanfaatkan  Joomla! untuk  berbagai  keperluan terutama membangun  website  secara  cepat tanpa  mengesampingkan  segi keindahan tampilan.

MENGAPA ORANG MEMILIH JOOMLA! ?
Aplikasi  yang  beragam  dapat  dibuat  menggunakan  Joomla! karena
memiliki beberapa kemampuan, diantaranya:
1.    Dapat melakukan  update  halaman  utama,  halaman  berita,  halaman artikel, maupun halaman arsip secara cepat.
2.    Dapat menambahkan item menu baru pada main menu, other menu, maupun top menu dengan mudah dan cepat.
3.    Dapat mengatur weblink dengan cepat dan mudah.
4.    Dapat mengatur banner (iklan).
5.    Dapat mengatur FAQ (Frequently Asked Questions).
6.    Dapat mengatur Newsflashes
7.    Dapat membuat arsip dan menampilkannya kembali
8.    Dapat mencetak, mengirim artikel lewat email, dan membaca artikel dengan format PDF.
9.    Dapat mengatur  pengguna  (user)    dengan  tingkat  akses  level  yang berbeda.
10. Dapat menambah komponen, modul, plugin, dan template dari pihak ketiga  (seperti:  gallery,  forum,  calendar,  video player,  slide  show, antiflood, block  IP,  agenda,  shoutbox,  games,  guestbook,  shopping cart, dan sebagainya).
11. Dapat  menampilkan  file  multimedia  tanpa  harus  membuat  script sendiri

PRINSIP DASAR JOOMLA
Sebagai  `Sistem  Pengelola  Konten  /  Content  Management  System’,  Joomla!  Adalah  tentang mengorganisir  konten  situs  (website).  Ini  berarti  harus memikirkan  situs  sebagai sebuah struktur konten, bukannya sekedar membuat halaman situs. Sesungguhnya nuansa “lihat dan rasakan”, atau tema (theme) dari situs sama sekali berbeda dengan konten - seperti warna, alignment,  posisi,  dan  lain  sebagainya    yang diatur  oleh  template  yang  digunakan  ketimbang konten. Demikian memilih template yang berbeda untuk situs, dapat memberi suatu rasa dan tampilan yang berbeda tanpa harus untuk mengutak-atik konten yang sudah dibuat. Ringkasnya Joomla! Memungkinkan mengubah tampilan situs (warna, huruf, gambar dll) tanpa mengubah isi/konten/berita/teks yang ada di dalamnya.



KELEBIHAN DAN KEKURANGAN JOOMLA

  1. Kelebihan Membuat Web dengan Joomla!
Joomla! adalah salah satu Open Source Content Management Systems paling powerfull yang pernah ada. Digunakan diseluruh dunia dari situs yang paling sederhana sampai kepada aplikasi korporasi yang kompleks. Kelebihan Joomla! terletak pada kemudahan instalasi dan pengelolaannya.

CMS yang satu ini merupakan CMS yang lengkap dan banyak dipakai oleh pengembang web baik luar dan dalam negeri. Sebagai jasa pembuatan website murah, penguasaan banyaknya program CMS sudah menjadi sebuah keharusan. Joomla! terbilang lengkap untuk fitur-fiturnya dan untuk belajar joomla pun gampang karena sudah ada id-joomla.com yang didalamnya banyak tutorial tentang CMS ini.

Id-joomla.com merupakan komunitas Joomla! Indonesia, anggotanya sudah banyak dan mereka saling sharing tentang fitur dan plugin terbaru dari Joomla!. Di dalam web ini kita juga bisa download Joomla! bahasa Indonesia. Berikut ini kelebihan-kelebihan membuat website dengan Joomla!.

·         Kemudahan Instalasi
Kemudahan instalasi merupakan kelebihan CMS Joomla!. Joomla! bisa diinstal secara offline maupun online. Jika kita akan menginstal Joomla! secara offline, maka komputer kita hanya butuh server seperti WAMP. Secara online, Joomla! dapat diinstal di bagian fantastico control panel website kita. Saat ini sudah banyak webhosting yang memberikan fasilitas control panel, hal ini semakin memudahkan kita untuk menggunakan Joomla!.


·         Kemudahan Pengelolaan
Pengelolaan Joomla! tidaklah susah. Kita tinggal mengelola website dari halaman administrator, tanpa harus menguasai bahasa pemrograman web. Orang awam dapat dengan mudah menjalankannya.

·         Open Source
Open Source adalah upaya untuk melepaskan kode-kode program kepada publik. Karena Joomla! adalah CMS Open Source, maka kita dapat menggunakannya secara gratis. Kita hanya cukup membayar web hosting.

·         Banyak Fitur
Joomla! mempunyai banyak fitur di dalamnya. Component dan module dapat di download secara gratis. Selain itu pengguna juga dapat dengan gampang merubah tampilan web hanya dengan mendownload template dan menginstalnya.

·         Kemudahan Peng-costum-an.
Joomla! mudah di-custom, baik itu dengan cara object-class ataupun gaya progamming lainnya. Sehingga serumit apapun aplikasi, bisa ditangani dengan mudah tanpa perlu terlebih dahulu memahami API Joomla!.

  1. Kekurangan Membuat Web dengan Joomla!.
Joomla! sebagai alternatif pengembangan web dalam waktu yang cukup singkat, tentunya mempunyai beberapa kelemahan CMS pada umumnya. Kelemahan ini harusnya diketahui oleh pengembang yang benar-benar menggunakan Joomla! sebagai engine website secara utuh, bukan sebagai referensi.

  • Kemampuan website membuat link yang mudah dibaca dan cepat dikenali oleh mesin pencari masih kurang.

Kelemahan ini membuat website kita jarang menempati urutan teratas dari hasil pencarian mesin pencari. Jika anda ingin mengubah Joomla! memiliki kemampuan yang lebih baik dalam hal ini maka anda perlu install komponen freeware Open SEF tetapi kemampuannya tidak sebaik Advanced SEF. Pengguna Joomla! juga harus berhati-hati karena website-nya bisa saja tidak bisa diakses setelah SEF diaktifkan.

  • Keterbatasan ACL (Access Control List)
ACL atau Access Control List adalah kemampuan CMS untuk memberikan akses yang berbeda kepada setiap penggunas atau group tertentu. Dalam hal ACL, maka Joomla! hanya menyediakan group tertentu saja, yaitu: Super Administrator, Administrator, Manager, Publisher, Editor, Registered Pengguna dan Guest. Joomla! tidak mengijinkan anda untuk menambah ACL ini atau mengubah ACL ini.

  • Ketiadaan Multisite
Multisite adalah kemampuan CMS untuk membuat website induk yang terdiri atas beberapa website anak. Sehingga jika perlu upgrade maka cukup induknya saja yang di-upgrade. Ini berguna sekali untuk membangun website komunitas di mana masing-masing anggota mempunyai website-nya sendiri. Fasilitas Multisite ini tidak terdapat di Joomla!.

  • Ketiadaan Tracker
Tracker adalah kemampuan CMS untuk menampilkan apa saja yang pernah ditulis atau dikirim oleh pengguna tertentu. Pada website ini jika anda klik “Tracker” maka akan ditampilkan semua blog, artikel, forum, maupun komentar yang pernah anda tulis. Fasilitas ini tidak terdapat pada Joomla!.

  
  • Kurangnya Cache Memory
Cache memory pada CMS adalah kemampuan CMS untuk menyimpan secara dinamis halaman website yang telah dibuka, dengan demikian tidak perlu melakukan query ulang pada database tetapi cukup satu query saja. Cache pada Joomla! hanya sekitar 12%.

SECTION, CATEGORY, DAN CONTENT
Setelah memilih dan menginstall sebuah template, kita dapat mulai mengerjakan konten untuk situs yang akan dibuat. Konten dapat diorganisasikan menjadi dalam  (sections) bagian dan  (categories) kategori:

  • Sections (Bagian) adalah kontainer yang berfungsi menyimpan satu atau lebih Kategori
  • Categories  (Kategori)  adalah  kontainer,  berfungsi  menyimpan  satu  atau  lebih  Item Konten
  • Content Items (Item Konten) adalah artikel yang merupakan isi dari situs

Contohnya,  jika  Anda adalah  seorang penasehat  keuangan  yang  ingin  menerbitkan artikel  yang berisi saran tentang pilihan investasi yang menarik, Anda mungkin membuat sebuah bagian (Section) yang berjudul  `Investasi',  dengan  kategori   (Categories)  di  dalamnya  seperti  `  Asuransi  Jiwa', `Tabungan', dan `Bursa/Saham'. Di dalam kategori `Asuransi Jiwa',  Anda bisa memasukkan berbagai (Content item)  isi/konten  yang berkenaan dengan  kategori itu,  seperti  `Tunjangan',  `Anuitas  (Tunj.Tahunan)', dan lain lain.

Ada  juga  static  content.  Yaitu  konten/artikel  yang  jarang  sekali  terjadi perubahan / dilakukang pengeditan.
Secara logika, hubungan antara Section, Categories, dan Content dapaat digambarkan sebagai berikut :


Untuk  lebih mudah mengerti, kita akan coba untuk membuat sebuah website Berita. Struktur  dari website  nya  adalah  sebagai berikut :


Section
Category
Content
WEB BERITA
Berita
Politik
Timur Tengah Memanas
Kampanye Pilgub Ricuh
Keuangan
Investasi Rumah
Harga Dolar Naik
Wisata
Jalan-Jalan Ke Bali
Wisata Ke Pulau Seribu
Olah Raga
Sepak Bola
Man City Juara Liga Inggris
Ronaldo Tetap Di Madrid
Otomotif
Rossi Runer Up Di Mugello
Sentul Jadi Tuan Rumah Moto GP
Bela Diri
Karateka Indonesia Berjaya
Pencak Silat Yang Mendunia
Kesehatan
Gaya Hidup Sehat
Berolah Raga Untuk Menjaga Kesehatan
Minum Air Putih Setiap Pagi
Tips Kesehatan
Buah Penurun Kolesterol
Obat Awet Muda
Konsultasi
Cara Menurunkan Kolesterol
Ingin Meninggikan Badan


Post a Comment for "PENGENALAN CMS JOOMLA"