Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Burst Limit di Mikrotik


Burst Limit Adalah salah satu cara menjalankan QoS (Quality of Service)  yaitu merupakan mekanisme jaringan yang memungkinkan aplikasi-aplikasi atau layanan dapat beroperasi sesuai dengan yang diharapkan. Burst limit memungkinkan pengguna data-rate yang melebihi max-limit untuk periode waktu tertentu, jika data-rate lebih kecil dari burst-threshold, burst dapat dilakukan hingga data-rate mencapai burst limit. Setiap detik, router mengkalkulasi data-rate rata-rata pada suatu kelas queues untuk periode waktu terakhir sesuai dengan burst-time. Burst-time tidak sama dengan waktu yang diijinkan untuk melakukan burst.

Penjelasan singkat :

Burst-Thres adalah pemicu atau trigger atau titik pembalik atau batasan bandwidth riil yang diterima sebagai pembatas burst-limit.

Max-limit adalah batasan maksimal bandwidth yang dapat dikonsumsi oleh komputer yang dikenakan limitasi.

Burst-limit adalah batasan maksimal bandwidth yang dapat dikonsumsi dalam waktu yang singkat yang ditentukan dengan busrt-time.


Contoh Burst Limit 1 :

Limit-at=128kbps
Max-limit=512kbps
Burst-time=8
Burst-treshould=256kbps
Burst-limit=1024kbps

Contoh Burst Limit 2 :

Pada awalnya data-rate rata-rata 8 detik terakhir adalah 0 kbps. Karena data-rate rata-rata ini lebih kecil dari burst-treshold, maka burst dapat dilakukan. Setelah 1 detik, data rate rata-rata adalah (0+0+0+0+0+0+0+1024)/8=128kbps, masih kecil dari burst-treshould, burst dapat dilakukan. Demikian pula untuk detik kedua, data rate rata-rata adalah (0+0+0+0+0+0+1024)/7=192kbps. Setelah 3 detik, tibalah pada saat dimana data rate rata-rata lebih besar dari burts-tresthold. Burst tidak dapat lagi dilakukan, dan data rate turun menjadi max-limit 512kbps.

Untuk lebih jelasnya bandwidth yang didapat klien adalah 128kbps, maksimal bandwidth 512Kbps, jika trafik reall klien belum mencapai 256Kbps (burst-thres), maka klien bisa mendapatkan jatah bandwidth 1024Kbps selama maksimal 8 detik (burst-time), jika trafik reall mencapai 256Kbps, maka bandwidth berangsur2 turun ke 512 Kbps.

Contoh Simple Queue Burst Time :

    Downstream max-limit=512k
    Upstream max-limit=256k

Try Using Burst  :

    Burst-limit=2M
    Burst-treshold=1M
    Burst-time=15s



Post a Comment for "Burst Limit di Mikrotik"