Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengecek Broken Link (URL Mati) Pada Website / Blog

Tips Blogging kali ini adalah bagaimana cara mengecek broken link/dead link/url mati pada suatu website atau blog.

Banyak yang bilang kalau broken link itu berdampak buruk bagi suatu website atau blog dimata search engine. Disamping hal ini tingkat kepercayaan pengunjung juga akan menurun karena url yang merka kunjungi ternyata tidak ada.

Jika blog kita suka menanamkan link eksternal sebaiknya harus sering-sering melakukan pengecekan apakah link tersebut masih ada atau sudah mati. Lalu gimana sih caranya mengecek link yang sudah mati ? apalagi kalau blog kita sudah memiliki banyak sekali artikel, akan sangat tidak efisien dan memakan waktu banyak untuk mengecek satu persatu.

Disini kita akan bahas 2 cara yang cukup populer dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat broken link/url mati pada suatu situs, berikut kedua caranya :

1. Online broken link checker

Buka situs brokenlinkcheck.com, kemudian masukkan alamat lengkap situs kita dan klik Find broken links.

Gambar 1 Cara Cek Broken Link Online

Selanjutnya isi kolom Security code, dan disini ada 2 pilihan kita mau pengecekan menyeluruh atau hanya pengecekan ke url yang berbeda saja. Jika sudah ditentukan mana yang akan dipilih lalu klik Find broken links now !

Gambar 2 Cara Cek Broken Link Online

Jika statusnya sudah complete maka akan tampil report apakah terdapat url yang mati atau tidak, pada kasus saya gambar dibawah menunjukan bahwa ada link eksternal yang mati. Untuk mengetahui lebih lanjut pada kolom Page where found klik url dan langung akan diarahkan pada halaman artikel kita. 

Gambar 3 Cara Cek Broken Link Online

2. Siteliner

Sama seperti nomor pertama, kita buka situs siteliner.com lalu ketikkan alamat situs kita dan klik Go untuk memulai pengecekan.

Cek Broken Link Menggunakan Siteliner.com

Gambar dibawah adalah proses pengecekan situs kita.

Cek Broken Link Menggunakan Siteliner.com

Jika sudah seselai kita klik menu Broken Links tepatnya disebelah kiri. Kalau terdapat broken link maka akan tampil link mana saja yang mati, dengan informasi ini kita bisa memperbaiki atau langsung mengganti link tersebut.

Cek Broken Link Menggunakan Siteliner.com

Itulah dua cara yang paling umum digunakan untuk mengecek broken link pada website, mudah-mudahan dapat bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Mengecek Broken Link (URL Mati) Pada Website / Blog"