Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tutorial Cara Install Packet Tracer di Linux Mint 17 / Ubuntu

Tutorial Cara Install Packet Tracer di Linux Mint 17 / Ubuntu - Sekilas tentang Packet Tracer, menurut wikipedia Packet Tracer adalah simulator alat-alat jaringan Cisco yang sering digunakan sebagai media pembelajaran dan pelatihan, dan juga dalam bidang penelitian simulasi jaringan komputer. Program ini dibuat oleh Cisco Systems dan disediakan gratis untuk fakultas, siswa dan alumni yang telah berpartisipasi di Cisco Networking Academy. Tujuan utama Packet Tracer adalah untuk menyediakan alat bagi siswa dan pengajar agar dapat memahami prinsip jaringan komputer dan juga membangun skill di bidang alat-alat jaringan Cisco.

Mari kita mulai langkah-langkah untuk install packet tracer di linux mint 17 / Ubuntu :

Pertama yang harus kita siapkan adalah installer packet tracer, dibawah ini saya lampirkan link untuk mendownload packet tracer.

https://drive.google.com/file/d/0B0PJN0z8d6HRZzMtNWI0S0RnY00/view

Saya asumsikan bahwa packet tracer tersebut sudah terdonwnload dan saya menyimpannya di direktori /home/ridwan/Documents/install/ agar mudah untuk mengingatnya.




Selanjutnya adalah meng-extract packet tracer tersebut dengan perintah:
# tar -zxvf Cisco-PT-620.tar.gz

Jika sudah di extract masuk lah kedalam direktori yang sudah ter-extract tadi dengan perintah:
# cd PacketTracer62Student/
Lalu jalankan file installer dengan cara:
# sudo ./install

Berikut dibawah adalah beberapa opsi yang harus dijalankan ketika pada saat proses intalasi:

Ketika proses instalasi sudah selesai maka kita tinggal jalankan aplikasi packet tracer tersebut dengan cara ketikan "packettracer" pada terminal anda :
# packettracer

Maka packettracer akan segera tampil pada layar anda.

Demikian sekilas Tutorial Cara Install Packet Tracer di Linux Mint 17 / Ubuntu. Semoga bermanfaat bagi anda semua khususnya untuk saya sendiri.

Tags : How To Install PacketTracer 6.2 on Ubuntu / Linux Mint 17, Tutorial Install Packet Tracer On Linux Mint 17 / Ubuntu, Step by Step Install Packet Tracer On Ubuntu / Linux Mint.

Sumber: WikiPedia[dot]com, UnixMen[dot]com

Post a Comment for "Tutorial Cara Install Packet Tracer di Linux Mint 17 / Ubuntu"