OOP (Object Oriented Programming)

Definisi objek sendiri adalah sesuatu yang dapat dianalogikan dengan orang, tempat, benda, hewan atau sesuatu yang dapat diperhatikan dan diamati.

OOP (Object Oriented Programming) melihat sebuah program sebagai sebuah objek yang memiliki attribut dan method, setiap objek tentu memiliki attribut dan method yang berbeda sehingga mudah dalam membedakan objek yang satu dengan yang lain.

Attribute adalah benda atau objek yang nantinya akan di proses, contohnya : baju, rumah, kursi dan lain-lain.
Method adalah cara untuk mencapai suatu objek itu sendiri, contohnya : cara makan, cara berjalan dan lain-lain.

Karakteristik OOP :
- Encapsulation (Pembungkusan)
Encapsulation atau lebih dikenal dengan pengkapsulan adalah suatu proses menyembunyikan suatu sistem yang berjalan untuk menghindari tabrakan atau sesuatu hal yang menggangu sitem tersebut dan membuat penggunaan sistem tersebut menjadi lebih sederhana
- Polymorphisme
Polymorphisme merupakan suatu karakter OOP di mana objek yang berbeda dapat memakai method dengan nama yang sama paa suatu kelas (class)
- Inheritance
Inheritance adalah konsep pewarisan, seperti halnya manusia yang mewarisi karakteristik orang tuanya, dalam pemrograman pun suatu class dapat mewariskan karakter-karakternya pada subclassnya dan membentuk hirarki

Contoh program Encapsulation :

package ciwok;

/**
 *
 * @author Ridwanulloh
 */
public class tugas {

public String nama;

public String nim;

public void Info() {

System.out.println("Saya adalah mahasiswa STMIK Eresha Wikrama Bogor");

System.out.println("Nama " + nama);

System.out.println("Nim " + nim);

}
}


//dan buat kelas baru dengan nama "datasiswa"


package ciwok;

/**
 *
 * @author Ridwanulloh
 */
public class datasiswa {
public static void main(String[] args) {

tugas java = new tugas();

java.nama = "Ridwanulloh";

java.nim = "004121121086";

java.Info();

}
}

Sederhana dan mudah untuk diaplikasikan. Demikian semoga bermanfaat :D

Post a Comment for "OOP (Object Oriented Programming)"