Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sejarah Perkembangan Open Source

Open Source adalah program komputer sama halnya dengan program-program lainnya, hanya saja program Open Source dapat diutak-atik oleh siapa saja sehingga tampilan dan fungsinya menyesuai si pengguna. Hal tersebut sesuai dengan namanya, yaitu open source, yang artinya source codenya dapat dimodifikasi oleh siapapun. Sedangkan program berbayar menutup source code programnya sehingga tidak bisa diutak-atik oleh siapapun, kecuali perusahaan pembuatnya. Oleh karena itu, jenis program ini diakatakn program gratisan.

Berdasarkan sejarahnya, istilah open source bemulai dikenal sejak tahun1998 dalam sebuah rapat yang diprakarsai oleh Netscape, yaitu perusahaan pengembang browser navigator. Sedangkan penggagasnya adalah Eric S. Raymond, Christine Peterson, Todd Anderson, Larry Augustin, Jon Hall dan Sam Ockman dengan pelopornya Richard Stallman.

Setahun kemudian, yaitu pada tahun 1999 istilah Open Source semakin terkenal setelah dipublikasi oleh tim O'Reilly yang mengadakan event project free open source.

Pada tahun 2004 Linux, sebagai salah satu software open source yang paling terkenal, membuat suatu terobosan besar sebagai software sistem operasi untuk server, bahkan perusahaan komputer besar, seperti IBM pun menggunakan jasa LINUX.

Pada tahun 2009 penggunaan program open source di Indonesia semakin marak. Program ini menjadi program alternatif pengganti program-program komputer berbayar. Dengan menggunakan program open source para pengguna komputer tidak perlu lagi dikhawatirkan atas pelanggaran hak cipta. Bahkan tidak perlu lagi menggunakan program-program bajakan. Lagipula kualitas dan kelengkapan program open source sudah memadai dan menyamai program-program berbayar.

Post a Comment for "Sejarah Perkembangan Open Source"